Review Excelso Kalosi Toraja: Kopi Dengan Citarasa Asem Manis Yang Nikmat!

Excelso, brand kopi populer yang merupakan bagian dari kapal api group ini memiliki beberapa produk kopi unggulan. Salah satu yang mau saya ulas yaitu kopi bubuk Kalosi Toraja kemasan 200 Gram. Kopi ini rasanya unik, lebih kuat pada rasa asamnya. Jadi seperti sudah manis rasanya, dan itu cukup bisa menjadi jeda bagi penikmat kopi hitam pahit.


Harga

Untuk kemasan bubuk 200 Gr, rentang harganya bervariasi mulai dari:

Klik link diatas, untuk membeli.

Review


Back to review, kopi yang berasal dari perkebunan excelso sumatera ini memiliki rasa yang unik. Kalo versi saya, asam manis. Agak heran dan kaget, saat deskripsi pada official web mengatakan rasanya mirip seperti buah-buahan dan manis saat diteguk.

Nikmati kopi dengan citarasa segar buah-buahan pada sisi lidah dan rasa manis tipis saat diteguk.

Awalnya, pas saya belum baca deskripsi itu. Saya bilang enak banget ketika pertama kali nemuin kopi ini, setelah baca deskripsi diatas jadi fikiran saya terbawa pada rasa kopi yang seolah dicampur buah-buahan (fruity, manis) memang manis dan khas buah. Tapi sebenarnya itu rasa manis asamnya si kopi kalosi toraja murni.

Btw, kalo kalian penggemar kopi hitam pahit. Rasanya perlu break sejenak dengan mencoba kopi satu ini. Oiya, saking enaknya menurut saya kopi ini lebih pas disajikan murni tanpa campuran kreamer. Rasanya lebih dapet!

Saya coba versi campur kreamer, malah agak aneh. Untuk kopi bubuk hitam lain, bisa masuk. Tapi dengan excelso ini, lidah saya kurang nerima. Ya, mungkin ini subjektif ya. Namanya juga citarasa. Tapi, kalian boleh lah coba sendiri saja. Biar lebih joss! Atau barangkali nggak pas nya, karena jenis kreamer tertentunya juga. Ya, bisa jadi.

Tapi kalo saya padukan pakai gula jawa (kebetulan habis bawa dari kampung), justru malah semakin lezat rasanya. Pahit kopinya tidak hilang, masih mendominasi kopi dan rasa manis naturalnya benar-benar memberikan sensasi minum kopi yang berbeda. Yang unik, dan terkesan minuman dengan harga mahal.

_

Selamat berkarya, selamat menikmati kopi hitam.

Posting Komentar

0 Komentar