Gulai Tetelan Kuah Santan ala Penyedap Halawa

Pagi menjelang siang buibu. Waktu menunjukkan pukul 10.30 ketika saya menulis resep ini. Semoga masih semangat ya menyiapkan resep terbaik untuk keluarga tercinta. Masakan yang paling enak versi saya adalah ketika saya mengamati mereka menikmati makanannya dan sambil bilang "masakan bunda enak". 

Dan saya mengingat, ketika mereka bilang "enak" atas masakan yang saya sediakan untuk mereka, ternyata saat itu, saya mengerjakannya dengan penuh kebahagiaan.

Hati yang senang dan yakin bahwa keluarga saya suka dengan masakan yang saya siapkan. Kunci lain adalah jangan pernah berhenti belajar. Mencoba aneka masakan yang bikin anak-anak dan suami ketagihan.

Sampe mereka bilang ketika mencoba masakan lain, mereka tetap akan bilang "masakan bunda lebih enak"..😍😍 

Melayang banget ngga sih buibu dibilang gitu. Padahal ya cuma masak sederhana. Bedanya pake cinta..😅


Lanjut yok..

Resep gulai tetelan ini, uenak'e poll versi saya. Tapi buibu boleh percaya setelah recook. Serius imi mah ngabisin nasi. Pengennya nambah mulu.

Bahan

Bahan-bahannya ini ya:

  1. Tetelan 1/4kg. Rebus sampe lunak. Pake metode 5-30-7. Baca disini (Tips merebus daging-dagingan cepat lunak dan hemat gas). Lalu potong kecil-kecil agar mudah diolahnya. Sisihkan
  2. Santan Kara 1bks
  3. Daun jeruk 4 lembar
  4. Lengkuas 1 ruas jempol. Geprek.
  5. Kapulaga 4 butir
  6. Sereh geprek 1bh
  7. Penyedap rasa halawa rasa sapi
  8. Garam
  9. Gula

Bumbu yang dihaluskan


  • Cabe merah 6 buah
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Bawang Merah 5 butir
  • Bawang putih kating 2 butir
  • Kemiri 2 butir
  • Jintan 1/4 sdt
  • Pala 1/4 sdt
  • Lada 1/4 sdt
  • Ketumbar 1/4 sdt
  • Jahe 1 jempol

Cara Membuatnya


  1. Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu yang dihaluskan. Aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum dan sedikit kecoklatan. 
  2. Kasih air sedikit biar bumbu ngga menggumpal. Aduk rata. 
  3. Masukkan bumbu aromatik. Daun Jeruk, lengkuas, sereh, kapulaga. 
  4. Lanjut, tetelan yang udau dipotong kecil-kecil dan empuk, masukkan. Tambahkan air kurang lebih 500ml. Biarkan sampai mendidih. 
  5. Terakhir, masukkan santan sambil di aduk-aduk biar santannya ngga pecah sampai mendidih. Beri bumbu-bumbu. Penyedap rasa, garam dan gula. Cek rasa. 
  6. Angkat dan sajikan. Berikan taburan bawang goreng renyah. Seperti yang saya tulis disini (Tips menggoreng bawang merah goreng agar renyah). 

Tips

Sedikit tambahan tips dari saya untuk resep ini

  • Pilih tetelan yang bagus. Karena lebih banyak dagingnya dibanding gajih atau sandung lamurnya. Harga masih terjangkau. 22rb di daerah saya. Mungkin beda daerah beda harga.
  • Kalo mau diganti sandung lamur semua bisa banget ya buibu. Mau pake yang mana aja sesuai selera. Bumbunya tetap sama. Rasanya juga sama. Sama-sama enak.
Biar saya makin semangat berbagi resepnya, tag saya (www.littlespatula.com) ya buibu hasil recooknya.

Ke depannya Insya Allah akan banyak kejutan resep yang lain buat buibu yang semangat recooknya..🥰

#hepicooking
#hepirecook

Posting Komentar

0 Komentar