Cara menyimpan kopi susu ukuran 1 liter biar gak mudah basi, awet, dan tahan lama

Sebuah pengalaman yang sangat menyedihkan, bagi saya. Tapi di sisi lain, bisa jadi pengalaman yang berharga mahal. Kalo dikonversi ke nilai uang, hmm.. Mungkin diatas harga kerugian, nilainya. Hehe. Karena dengan kesalahan fatal 1x ini, saya bisa menghindarkan terjadinya kesalahan lagi dan bisa berbagi pada sahabat semua mengenai bagaimana cara menyimpan kopi ukuran 1 liter yang benar, supaya tidak mudah basi, awet dan tahan lama.

Begini, ceritanya..




Saat itu, saya membeli kopi tuku kemasan 1 liter di bilangan Grand Depok City (GDC). Nah, karena biasanya kalo ada kopi susu anak-anak suka minta minum juga. Akhirnya, saya tidak simpan kopi tuku kemasan 1 liter itu di freezer / kulkas.

Alasannya, kalo ditaruh di kulkas, nanti anak-anak akan lihat dan berujung minum kopi. Kami, membatasi asupan kopi ke anak-anak, karena mereka masih sangat kecil. Berusia 2,5 tahun, dan 5 tahun. Biasanya, anak-anak jadi susah tidur malemnya, dan saya khawatir kalo terlalu banyak akan bermasalah di lambungnya. Apalagi dengan kemasan 1 liter, suka gak mau berhenti kalo belum habis. #Gubrak!

And then..



Kopi itu saya simpen, ke dalam tumpukan pakaian baju. Anget dong suhu disitu, ibarat kita tidur selimutan kaya gimana sih angetnya. Nah, hanya selang satu hari berlalu. Yaitu, dari beli kopi susu jam 18.00, ke hari besoknya jam 19.00 wib. Kaget, sumpah kaget banget ngelihat kondisi kopi yang belum terminum banyak sudah berbusa, warnanya berubah, dan rasanya asem.

Sorry, awalnya saya benar-benar gak tahu soal cara menyimpan kopi susu yang benar bagaimana. Saya juga gak ngira, kalo bahan susunya bakal bereaksi kaya gini.

Cuman, saya gak sempet foto. Karena sedih banget, rasanya. Apalagi ngefoto. Saya langsung buang ke wastafel. Dan mengikhlaskan kopi yang kami cintai itu, terurai menjadi bagian dari semesta (ciyeh, yang pernah baca nvelnya The Alchemist Paulo Coelho, pasti paham).

Baiklah, the next saya akan bagikan bagaimana seharusnya cara simpan kopi yang benar, khususnya kopi ukuran satu literan.

Begini 5 Cara menyimpan Kopi Susu ukuran 1 Liter yang benar

Mengutip dari pergikuliner.com, bahwa untuk menyimpan kopi susu ukuran 1 liter yang benar, ada 5 cara yaitu:

  1. Menyimpan di dalam kulkas
  2. Menutup wadah dengan rapat-rapat
  3. Jangan kelamaan membiarkan kopi berada di suhu ruangan terbuka
  4. Simpan di Freezer, bisa lebih tahan lama
  5. Membekukan Kopi Susu jadi Cofee Cubiq bisa makin awet

1. Menyimpan di dalam kulkas

Menyimpan kopi susu di dalam kulkas, bisa membuat kopi bertahan dalam waktu 2-3 hari jika kopi tersebut sudah dibuka kemasannya. Akan tetapi, jika kopi belum dibuka, maka bisa bertahan lebih lama dalam waktu 7 harian (alias satu minggu).

2. Menutup wadah dengan rapat-rapat

Salah satu fungsi dari menutup botol kopi susu dengan rapat, ialah supaya kemasan kopi lebih kedap udara dan tidak mudah terkena bakteri. Sehingga kopi ukuran 1 liter tidak mudah basi.

3. Jangan kelamaan membiarkan kopi berada di suhu ruangan terbuka

Terkadang, setelah menuang kopi ke dalam gelas. Kamu tidak menaruh lagi ke kulkas. Nah, jika dibiarkan kopi berada di suhu ruangan terbuka, alias panas, kopi berpotensi akan cepat basi. Keawetannya tidak lama. Untuk itu, dianjurkan sehabis minum kopi susu, taruhnya di kulkas lagi. Biar nggak cepat basi dan lebih awet dan tahan lama.

4. Simpan di Freezer, bisa lebih tahan lama

Salah satu alasan kenapa menyimpan kopi susu di freezer bisa lebih tahan lama, ketimbang kulkas adalah karena ruangan freezer membuat bakteri tidak mudah berkembang biak.

Maka, kalo ingin menjaga kopi tahan lebih lama. Nggak gampang basi, taruhlah di freezer ya.

5. Membekukan Kopi Susu jadi Cofee Cubiq bisa makin awet

Membekuan es kopi susu cair ke dalam es batu, menjadi berukuran beku tidak akan menghilangkan cita rasa kopi, dan untuk menikmatinya tinggal menuang ke dalam gelas, setelah membiarkan kopi mencair.

Kopi bisa bertahan lebih lama, bahkan paling lama diantara cara lainnya diatas. Cara ini efektif, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh, insyaallah akan saya coba untuk bekukan dan berencana membawa 2 botol es kopi susu tuku tetangga dari Depok, Jawa Barat ke Magelang, Jawa Tengah.

Semoga berhasil, dan nggak basi. Insyaallah kalo berhasil saya ulas updatenya disini.

Hasil

Alhamdulillah, saya berhasil membawa es kopi susu dari depok ke magelang dengan kondisi masih baik, fresh. Awalnya, kemasan kopi masih tersegel utuh. Lalu saya bekukan, kemudian saya bawa sesaat sebelum naik bis. Di dalam bis, saya letakkan kopi didepan exhaust pendingin AC. Sampai rumah langsung saya letakkan ke freezer. Alhamdulillah, bertahan selama 7 hari.

Posting Komentar

0 Komentar