Tips agar daging lebih cepat empuk dan hemat gas

Dulu waktu belum tau ilmunya, rasanya gemes banget nungguin daging yang direbus berjam-jam sampe bikin gas berkurang banyak. Bahkan cepet abis. 

Sekarang, rasanya seneng banget pas udah tau ilmunya, masak daging, ayam atau sejenisnya yang keras-keras, bisa lebih cepet empuk dan hemat gas pula. Tips Ini ga berlaku ya untuk yang punya presto..😅😅 

Karena di rumah belum ada presto, saya masih rebus-rebus ala tradisional. Pake panci biasa dengan menggunakan tehnik 5:30:7 

Ilmu ini saya dapet dari kelas onlinenya mba kade kalo ga salah.. Hhee.. 

Udah lama banget ikutnya. Jadi lupa-lupa inget. Matur suwun banget mba ilmunya. Semoga bisa manfaat buat saya dan buat yang lagi mampir baca di blog saya ini.

Agar daging lebih cepat empuk dan hemat gas



Catat tipsnya ya biar inget. Trus tempel deh di dapur..😁 

  1. Pertama kali, bersihkan daging dari sisa kotoran yang menempel saat membeli. Usahakan pilih yang masih fresh dagingnya. Kalo ga ada yang fresh, yang frozen juga boleh. Selama masih layak konsumsi. 
  2. Setelah daging bersih dicuci dari kotoran yang menempel, potong daging lebih kecil ukurannya. Misal seukuran daging rendang. Proses ini dilakukan agar daging lebih empuk atau lunak. 
  3. Siapkan panci dan juga tutupnya. Isi dengan air. Lanjut masukkan dagingnya sampe terendam air atau tenggelam. 
  4. Nyalakan kompor, tutup dengan pancinya saat merebus daging. Cek berkala ya saat merebus. Karena saat air rebusannya mendidih dengan keadaan pancinya ditutup, air yang mendidih akan meluber-luber keluar dan menumpahi kompornya. Saat mendidih, buka tutup pancinya. Kecilkan sedikit kompornya. 
  5. Rebus selama 5 menit. Matikan kompornya dan tutup kembali pancinya. Tunggu selama 30 menit. Lalu rebus kembali selama 7 menit. Matikan kompornya dan tutup lagi. 

Proses ini bisa diulang ya ketika dagingnya dirasa kurang empuk. Dan 5 menit merebus itu dihitung dari air yang mendidih sampe 5 menit ke depan. Pun proses yang 7 menit juga sama. Dihitung dari airnya mendidih. 

Jika dirasa sudah empuk, sisihkan dagingnya. Simpan di dalam wadah bersih untuk siap diolah menjadi menu kesukaan keluarga. 

Dan seandainya artikel ini dirasa bermanfaat, boleh share ke temen-temen yang lain. Agar kebermanfaatannya ngga berhenti di Anda..🤗 

Bukankah ilmu yang bermanfaat itu ilmu yang dibagikan lagi??

Semoga Anda menjadi bagian dari kebermanfaatan ilmu yang Anda share ini..🥰

Posting Komentar

0 Komentar