Cara menyimpan tahu biar ngga cepat basi

Tahu emang andalan banget ya buat lauk dan temennya sayur. Biasanya, ibu-ibu itu kalo lagi rajin, udah punya jadwal menu untuk seminggu. Termasuk dengan lauknya. 

Tapi sayangnya, ibu-ibu suka ga konsisten klo udah liat menu lain yang bikin lebih ngiler untuk di eksekusi. Alhasil tahu yang seharusnya jadi jadwal menu untuk hari itu, jadi tertunda untuk hari berikutnya.

Kredit "Tahu, by Devi Puspita Amartha Yahya (unsplash)."


Padahal kalo ga segera diolah dan kelamaan disimpen, rasa tahunya agak sedikit berubah. Mungkin agak sedikit aneh. Beda sama tahu yang masih segar. Dari aromanya juga bisa ketebak kalo tahunya udah sedikit berbau.

Biar ga mubadzir tahunya dan tetap bisa masak menu lain. Ada tips yang bisa dipake buat menunda sementara, menu si tahu ini.

Tips menyimpan tahu agar awet

Tipsnya gampang banget buat dipraktekkin. Dan semua alat pendukungnya pasti ada di rumah. 

Begini caranya biar tahu tetep awet untuk beberapa hari ke depan.

  1. Sebelum masuk kulkas, tahunya cuci terlebih dahulu. Kemudian rebus sekitar 3-5 menit. Kasih garam sedikit. Biarkan sampe mendidih air rebusannya. Dan pastikan juga saat merebus, semua tahu terendam sempurna dengan air rebusan garam. 
  2. Kabarnya, garam ini bisa membuat tahu lebih awet sejenak untuk 1-3 hari. Saat airnya mendidih, matikan kompornya. Buang air rebusannya. Biarkan tahunya sedikit lebih dingin. 
  3. Setelah tahunya dingin, masukkan ke dalam kotak foodprep yang sudah diisi air biasa. Dan simpan di dalam kulkas. Ganti air tahunya secara berkala agar tetap aman sampai pada waktunya diolah. 
  4. Oh iya, pada saat tahunya direbus, garamnya sedikit aja ya. Hanya untuk mengawetkan. Kalo terlalu banyak garamnya, bisa-bisa keasinan juga sih tahunya..😁 

Ada yang pernah cobakah tips ini?? Ini tips turun temurun sih.. Hhaa..

Dari orang tua jaman dulu. Dan masih relevan ko buat dipraktekkin..🤗

Posting Komentar

0 Komentar