Cara membersihkan kompor gas yang berkerak dengan baking soda

Urusan dapur artinya ngga jauh-jauh dari kompor. Dan pastinya, setiap hari pula kompor itu dipake. Mungkin lebih sering intensitas pemakaiannya ketika ada hari dimana bukan cuma menu masakan yang jadi jadwal. Tapi ada olahan lain seperti bikin kue. 

Kok bikin kue pake kompor bukan oven??

Ini berlaku buat yang masih pake oven tangkring. Hhee..

Oven tangkring jodohnya kan sama kompor..😁

Betul kan?? 

Ketika intensitas pemakaiannya sering, maka kompor akan lebih sering kotor juga. Kecipratan minyak, sayur-sayur yang tumpah saat kuahnya mendidih. Kalo ngga langsung dibersihin, kotorannya pasti nempel dan lama-lama berkerak.

Ilustrasi Kompor Gas


Untuk menghindari itu, membersihkannya bisa dilakukan setiap hari setelah masak. Bisa pake lap seribuan yang microfiber itu lho. Beli di copi banyak.. hhee.. 

Keuntungannya bersihin kompor setiap hari setelah masak, kotorannya ngga terlalu banyak. Dan lebih cepat bersihinnya. Prosesnya, basahin lapnya dengan air. Peras dan kasih sunlight. Cuci kompornya pake lap microfiber yang ada sunlightnya. 

Bersihkan dan bilas sampai permukaan kompor kinclong. Biar makin kinclong, kasih sedikit minyak kayu putih di lap kering. Gosok-gosok permukaan kompornya sampe yang bersihin bisa ngaca..😅😅 

Minyak kayu putihnya aman ya. Langsung kering pas digosok-gosok. Oh iya, tungku kompornya dicuci pake kawat cucian piring. Kasih sunlight. Ujung-ujung tungku yang susah dijangkaunya, bisa dibersihin pakai sikat gigi yang bekas. Bilas klo dirasa udah bersih. 

Itu tehnik yang mudah. Tapi klo kompornya udah terlanjur berkerak, effort membersihkannya luar biasa buk. Butuh motivasi yang kuat..😂 

Eh jangan cemas dulu. Soalnya, saya mau bocorin rahasianya. Cara cepat bersihin kompor yang berkerak.

Cara membersihkan kerak kompor dengan baking soda

Apa saja persiapannya? 

  1. Sarung tangan cuci piring biar tangan ga kasar saat eksekusi bersih-bersih kompornya. 
  2. Siapkan baking soda, cuka, kawat cuci piring, sikat gigi bekas, sunlight. 

Jika persiapan semuanya udah lengkap, lanjut bersih-bersih kompornya. 

  1. Lepas Tungkunya dan lumuri baking soda juga cuka. Diamkan beberapa saat agar kerak yang membandel gampang lepas. 
  2. Lakukan hal yang sama untuk permukaan kompornya seperti tahap 1. 
  3. Bilas tungkunya dengan air panas biar keraknya lepas. Ulangi tahap 1 jika keraknya belum lepas. Lanjut cuci dengan sunlight menggunakan kawat cucian piring. Bersihkan ujung-ujungnya yang sulit dengan menggunakan sikat gigi bekas. Bilas. 
  4. Berikutnya, permukaan kompor yang sebelumya dilumuri baking soda dan cuka, bilas dengan air biasa. Cuci lagi pakai sunlight menggunakan spons. Bilas. 
  5. Setelah kompornya bersih, keringkan dengan lap bersih. Terakhir, gosok-gosok sedikit pake minyak kayu putih biar glowing kompornya. 

Taraaaa.. kompor lama berubah menjadi kompor baru yang cantik. Makin semangat dong masaknya buk punya kompor kinclong..😅😅 

Dan udah ngga punya alasan buat mager masak gegara kompor yang kotor.Hhee..

Posting Komentar

0 Komentar